Jumat, 30 September 2011

Convert DOCX to DOC

Apakah anda pernah mengalami masalah tidak bisa membuka file yang berformat docx? kalau pernah, bisa jadi masalahnya adalah di komputer anda tidak terinstall Microsoft Office 2007, karena extension .docx adalah format dokumen terbaru untuk Microsoft Office 2007. Saya sendiri pernah mengalaminya saat mengikuti lomba algorithm contest pada pagelaran gemastik, saat itu ada pemanasan antara tanggal 1-6 September 2008 yaitu para peserta diberikan contoh-contoh soal algorithm

ternyata saat saya mendownload contoh soalnya, formatnya .docx, terang saja saya kecewa, bingung, dan kesal terutama pada panitia, saya berpikir apakah hal ini tidak diperhitungkan sebelumnya, bahwa format ini tentunya sangat menyulitkan para peserta yang tidak menggunakan Microsoft Office 2007 (maksa bgt :( ). Kebetulan saya menggunakan OpenOffice, salah satu office software seperti halnya Microsoft Office, namun gratis dan cukup powerfull. Namun sayangnya OpenOffice maupun Microsoft Office before 2007 (Ms. Office <=2003) tidak bisa membukanya, karena memang format docx ini khusus untuk Ms.Office 2007, akhirnya saya ambil keputusan untuk ‘tanya’ ma om Google (www.google.com) mengenai permasalahan ini, adakah converter docx to doc? ternyata ada! ini bisa dilakukan secara online lewat internet, ada banyak situs yang menyediakan fitur ini, kita tinggal memasukkan email kita plus meng-upload file berformat docx yang ingin kita convert ke doc, lalu hasil convert tersebut akan dikirim ke email kita. Sebenarnya ada juga aplikasinya, namun seperti biasa… aplikasi ini tidak gratis (alias ada ongkos pakenya :( )…ya sudah saya akhirnya berharap pada sistem konversi online tadi… namun, ternyata cukup lama proses pengirimannya, ini yang membuat saya BeTe… akhirnya tanya lagi ma om Google, searching satu persatu, akhirnya dapat solusi juga dari om Google (memang sahabat terbaik di dunia maya). caranya cukup sederhana…. kita hanya perlu winzip! (pasti pada punya kan?? kebangetan kalo gak punya winzip, apalagi yg pake XP, defaultnya pasti ada winzip internalnya…). berikut step by step how to convert docx to doc (tanpa tool khusus!!!) : 
~ langkah pertama :
~ Nonaktifkan dulu fitur “hide extensions for known file types”, di windows explorer, pilih menu Tools->Folder Options. Pilih tab View, lalu hilangkan checklist (hilangkan centangan) pada Checkbox dengan label “hide extensions for known file types”. Lalu tekan tombol Ok.
~ Rename-lah file anda yang berekstensi / berformat .docx (arahkan filenya lalu tekan F2) menjadi formatnya .zip . misal, file anda namanya “dokumenku.docx”, maka gantilah menjadi “dokumenku.zip”.
~ Extraklah file “dokumenku.zip” (caranya klik kanan, pilih Extract All…, trus tinggal next-next aja ^_^ ) ke lokasi yang anda inginkan menjadi “dokumenku.doc”.
~ Dan cobalah buka file tersebut (dokumenku.doc). Maka, insyaAllah file tersebut sudah bisa dibuka dan anda dapat membaca maupun mengeditnya…. cukup mudah kan? 

~ langkah ke dua :
~ bagi yang kesusahan melakukannya saya juga punya software untuk merubahnya menjadi .doc 
jadi have fun guys:)
~ System Requirements.
Windows 98, ME, Windows NT 4.0, 2000, XP, Vista, 7.
Microsoft Office 2000, 2002/XP, 2003, 2007, 2010.
Intel Pentium processor, or equivalent.
256 MB RAM minimum.
10 MB of hard-disk space for program installation.
VGA 16 color 640x480 screen resolution or higher.

~ Instalasi investintech.com
Browser Anda mungkin menawarkan beberapa pilihan. Pilih "Open" atau "Run" pilihan. (Jika browser Anda menawarkan hanya "Simpan" pilihan - menyimpan file ke dialog sementara dan kemudian secara manual jalankan ketika download selesai). Download dari Able2Extract akan dimulai. Ketika itu selesai, Anda akan melihat langkah-langkah instalasi sebagai berikut

1. "Selamat datang di program Instal Able2Extract v.7.0": klik "Next" untuk melanjutkan.
2. "Lisensi": Bacalah lisensi produk. Jika Anda setuju dengan syarat dan kondisi terdaftar di sana, periksa "Saya setuju dengan syarat dan kondisi di atas" dan klik "Next" untuk melanjutkan.
3. "Direktori": Anda dapat memilih direktori dimana Able2Extract akan diinstal. Direktori default adalah pilihan terbaik untuk sebagian besar pengguna. Klik "Next" untuk melanjutkan

4. "Konfirmasi": klik "Start" untuk melanjutkan
5. "Instalasi": menunggu beberapa detik untuk Able2Extract harus diinstal pada komputer Anda.
6. "End": klik "Next" untuk menyelesaikan instalasi Able2Extract. 

7. Able2Extract sekarang terinstal di komputer Anda!
  
~ InstruksiUntuk menginstal download ini Ms.office
1. Pastikan sistem anda up to date dengan menginstal semua pembaruan High-Priority/Required pada Microsoft Update (diperlukan untuk Microsoft Office XP dan 2003 pengguna).
2. Setelah menginstal semua pembaruan High-Priority/Required dengan Microsoft Update, download Paket Kompatibilitas dengan mengklik tombol Download di atas dan menyimpan file ke hard disk Anda.
3. Double klik file program FileFormatConverters.exe pada hard disk Anda untuk memulai program setup.
4. Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan instalasi.


~ Untuk menghapus download ini 1. Pada menu Start Windows, klik Control Panel.
2. Pilih Tambah / Hapus Program.

3. Dalam daftar program yang terinstal, pilih Paket Kompatibilitas untuk sistem Office 2007 dan kemudian 

klik Hapus atau Tambah / Hapus. Jika kotak dialog muncul, ikuti petunjuk untuk menghapus program.
4. Klik Yes atau OK untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus program.
 

~ Download.

HERE! = http://www.microsoft.com/download/en/confirmation.aspx?id=3 Ms.office online (37.0 MB)
HERE! = http://www.investintech.com/download/InstallAble2Extract.exe (8.9 MB)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by L'Art-cobaleno Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | L'Art-cobaleno | Parampampam